Welcome To Nature Inspired Technology

Teknologi Kamera Baru Terinspirasi dari Mata Serangga

detail beritaWASHINGTON - Peneliti University of Illinois mengembangkan kamera yang terinspirasi dari mata serangga. Seperti mata lalat yang berbentuk cembung, kamera ini bisa melihat hingga cakupan luas dengan bidang pandang yang lebar.

Dilansir Abc, Kamis (2/5/2013), terinspirasi dari mata serangga, insinyur membangun kamera menggunakan elektronik yang dapat direnggangkan. Kamera ini bisa memindai lingkungan di sekitar seperti mata majemuk lalat dengan bindang pandang lebar dan tanpa distorsi (efek/gangguan).


Perangkat digital ini memiliki komponen kecil, lensa lentur seperti yang ditemukan pada semut, kumbang dan mata lobster. Kamera juga memiliki sensitivitas tingkat tinggi, sehingga objek yang bergerak di sekelilingnya dapat terpantau.

"Kami telah menemukan cara untuk membuat kamera yang menggabungkan semua fitur desain penting dari mata yang ditemukan di dunia serangga," ujar peneliti John Rogers dari University of Illinois. Ia mengatakan, pengembangan teknologi kamera ini bisa menangkap objek hampir 180 derajat dengan tanpa aberasi (penyimpangan) dan menghasilkan gambar yang berkualitas.

Kamera klasik umumnya meniru cara kerja mata, di mana cahaya terpantul pada objek yang melewati lensa dan memfokuskan cahaya pada retina di belakang organ. Kemudian, sel-sel saraf mengubahnya menjadi impuls listrik yang dikirim ke otak, sehingga menghasilkan gambar.

Akan tetapi, sistem lensa tunggal ini memiliki bidang pandang yang terbatas. Namun, serangga dan spesies hewan lain memiliki mata yang terdiri dari beberapa unit ommatidia bisa menikmati penglihatan panorama.

0 komentar :

Posting Komentar


Translate

Another Templates

Followers

Clock

Diberdayakan oleh Blogger.